Jumat, 20 April 2018

analisis buku kurikulum, rencana, dan proses dalam desain instruksional



Dr.DirgantaraWicaksono,M.Pd

kurikulum, rencana, dan proses dalam desain instruksional

-          Implikasi design pembelajaran yang ada dalam lingkungan pembelajaran yaitu, lingkungan belajar yang efektif yang berpusat kepada pengetahuan : yang mengajarkan maeri pokok untuk mendukung belajar dengan pemahaman bukan dengan mengingat dan kompetensi/ penguasaan, lingkungan belajar yang berpusat kepada peserta didik
-          Lingkungan pembelajaran yang konstruktivis juga melibatkan pendidik terutam agar lebih kreatif dan inovatif dalam memberi pemahaman kepada para peserta didik serta mengembangkan dan mengimplementasikan agar terciptanya lingkungan pembelajaran yang kompeks dan konstruktivis.
Model Kognitif Tersirat dengan Berbasis Kasus, dalam model tsb dibagi menjadi beberapa model seperti Model Penalaran yang dapat disebut menyelesaikan masalah dengan penalaran analogis dengan acuan pelajaran yang pernah dialami sebelumnya. Model Pembelajaran Belajar berarti dalam pembelajaran belajar memperluas pengetahuan seseorang dengan mengeksplorasi pengalaman baru yang akan disimpan dalam memorinya dan menceritakan ulang pengalaman yang lalu supaya bermanfaat dan mudah di ingat untuk digabungkan secara keseluruhan dalam alur pengalamannya. Model Pembelajaran untuk Transfer yaitu dalam model ini terus menerapkan atau menggunakan pelajaran yang lama dikondisikan ke pelajaran baru, jadi menggunakan pengalaman masa lalu secara efektif dengan mengingat, mengambil keputusan dan menerapkannya.
Kedua…
Model Belajar Dengan Desain, dalam model ini dapat digunakan dengan cara membantu siswa menjabarkan pengalaman mereka dan mengambil apa yang dipelajari mereka. Model ini kurang efektif karena membutuhkan banyak percobaan biasanya kurang  berjalan dengan baik.
Ketiga…
Model Kognitif Pengembangan Kelas, kemampuan anak sekolah memecahkan masalah dalam pengembangannya siswa dilibatkan bagaimana berpikir, bagaimana mereka melihat dunia mereka, dan bagaimana mereka menggunakan apa yang mereka pelajari. Siswa akan memiliki segala sesuatu yang berkaitan dengan beberapa pengalaman yang telah dilalui sejak ia lahir.
Keempat…
Model Berlajar melalui LBD (belajar dengan desain) : Evaluasi Penialaian Hasil, Pengamatan dan diskusi dengan siswa, guru harus bisa menarik belajar dari Konten Sains yaitu menguji siswa pada pengetahuan konten ilmu fisik dan pengetahuan keterampilan ilmu pengetahuan umum menggunakan format tes tertulis standar. Belajar Sains dan Keterampilan Kolaborasi yaitu mempelajari keterampilan siswa dengan menilai hubungan berkerja sama atau diskusi dalam kelompok.

-          tujuan dari pembelajaran desain adalah untuk mengembangkan pengetahuan yang mengatur instruksional tindakan untuk mengoptimalkan pembelajaran hasil untuk pelajar. 
-          Tujuan Pendidikan : untuk mengirimkan pengetahuan dan keterampilan mereka kepada anggota generasi  mendatang, dengan tuntunan-tuntunan wajar dan realitas publik dimana mereka hidup
-          Pendekatan basis-model juga akan berguna ketika guru ingin menggabungkan materi desain instruksional yang direncanakan dengan perencanaan mereka sendiri terhadap lingkungan belajar tertentu.
-          Pengembangan TIK dan kebutuhan untuk pembaruan TIK ke dalam pendidikan dalam pembuatan kebijakan yang diperlukan dalam dunia pendidikan dalam tingkat daerah hingga tingkat nasional, TIK dapat memudahkan semua guru serta pegawai dalam dunia pendidikan untuk mengakses kebijakan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah pusat kepada pemerintah-pemerintah daerah.
-          Teknologi juga dapat membantu guru untuk lebih kreatif dalam mengembangkan pelajaran yang diajar. Selain buku, siswa juga membutuhkan pengetahuan yang lebih luas dari itu, maka teknologi berperan besar dalam proses belajar mengajar. Bahwa, dengan teknologi ini belajar bukanlah sebuah kegiatan yang menyebalkan atau membosankan, tapi belajar bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan.
Dengan teknologi, peluang-peluang baru untuk meningkatkan dan memperbarui suatu rancangan pembelajaran sangatlah besar. Guru dapat berfikiran dan berwawasan luas yang tidak hanya mengandalkan suatu rancangan pembelajaran dari pusat (pemerintah) . Guru dapat mengembangkan sendiri metode belajar yang disukai siswa.
-          Pembelajaran multimedia memiliki berbagai macam model pembelajaran dan menyediakan berbagai sarana prasarana untuk untuk proses belajar mengajar. Model pembelajaran multimedia antara lain dengan cara self-regulated yaitu melayani kepentingan siswa yang berorientasi, multimedia material yaitu menggunakan alat sebagai pembelajaran dengan cara kolaboratif, model dan pelatihan rekan yang ditawarkan oleh siswa yang lebih mahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar